Citizen Journalism - Muda, Beda dan Berbudaya -

Mahasiswa KKNT Univ PGRI Semarang Sosialisasi Protokol Kesehatan ke Pelajar SD di Rembang

 



TribunMudaCom - Pandemi CoronaVirus atau Covid-19 yang masih terus menular dan mengancam kesehatan masyarakat dunia membuat berbagai pihak gencar melakukan edukasi pencegahan kepada masyarakat terutama pada generasi muda. Di Indonesia, langkah pencegahan dilakukan secara bersama-sama atas sinergi Pemerintah, Perguruan Tinggi dan institusi lainnya.

Langkah edukasi kepada generasi di tingkatan Sekolah Dasar dilakukan oleh seorang mahasiswa Prodi PGSD, Fakultas Ilmu Pendidikan Univ. PGRI Semarang, yang bersama NANDA KHILYATUL AF’IDAH / 17120318. Langkah edukasi yang dilakukan adalah: SOSIALISASI BERSAMA ANAK-ANAK SD DI LINGKUNGAN DESA BAJING MEDURO, KECAMATAN SARANG, KABUPATEN REMBANG TENTANG CARA MENCUCI TANGAN YANG BAIK DAN BENAR.

Rembang (25/08/2020) kegiatan Mahasiswa KKN Tematik (KKNT) Covid-19 Literasi dan Numerasi Universitas PGRI Semarang telah dilaksanakan oleh 1 Mahasiswa yang bernama Nanda Khilyatul Af’idah di Desa Bajing Meduro, Kecamatan Sarang, Kabupaten Rembang.

Kegiatan KKNT ini merupakan suatu aktualisasi kolaborasi dari Ditjen Dikti Kemendikbud bersama Badan Penanggulangan Bencana (BNPB), Ikatan Senat Mahasiswa Kedokteran Indonesia (ISMKI), Asosiasi Institusi Pendidikan Kedokteran Indonesia (AIPKI), Kementerian Kesehatan (Kemenkes), Rektor Perguruan Tinggi khsusnya Rektor Universitas PGRI Semarang serta pihak-pihak daerah yang terkait.

Kegiatan yang dilakukan berupa program kerja yang bertemakan “Sosialisasi bersama anak-anak SD di lingkungan Desa Bajing Meduro, Kecamatan Sarang, Kabupaten Rembang mengenai cara mencuci tangan yang baik dan benar”. Kegiatan ini diikuti oleh 4 anak SD dengan berbagai macam kelas. Mereka selain mendengarkan edukasi bagaimana cara mencuci tangan yang benar, mereka juga mempraktikkan secara langsung akan hal itu. Kegiatan ini bertujuan memberikan edukasi secara langsung kepada anak-anak SD mengenai pentingnya menerapkan protokol kesehatan di massa pandemi ini. Selain memakai masker dan memakai handsanitaizer, mencuci tangan juga termasuk dari salah satu kegiatan  yang ada pada protokol kesehatan.

Mencuci tangan merupakan hal yang sangat penting yang harus dilakukan oleh semua orang dikalangan masyarakat dimulai dari anak-anak hingga lanjut usia. Kegiatan cuci tangan sangat wajib dilakukan ketika kita habis melakukan kegiatan diluar rumah  khususnya pada massa pandemi ini. Karena mencuci tangan merupakan salah satu upaya kita untuk bisa mengurangi tingkat penularan virus corona yang saat ini sedang menyebar dan terus bertambah jumlah penularannya. Mencuci tangan tidak hanya cukup dilakukan dengan menggunakan air saja, namun juga menggunakan sabun dan langkah-langkah yang benar.

Adapun langkah-langkah yang harus dilakukan untuk mencuci tangan yang benar yaitu ada 6 langkah, diantaranya:

1. Setelah membasahi tangan dengan air, kemudian ambil sabun secukupnya dan ratakan sabun pada kedua tangan.

2. Gosok pungggung kedua tangan secara bergantian.

3. Gosok sela-sela jari pada kedua tangan.

4. Bersihkan jari bagian dalam dengan cara mengunci kedua tangan dengan melakukan gerakan.

5. Bersihkan ibu jari dari kedua tangan secara bergantian dengan gerakan memutar.

6. Bersihkan ujung kedua jari tangan pada telapak tangan secara bergantian.

Untuk lebih jelasnya mengenai langkah-langkah diatas, Nanda juga membuat konten video edukasi cara mencuci tangan yang baik dan benar sesuai dengan 6 langkah diatas yang dapat diakses di channel YouTube nya. **Ed

Sumber: jurnalmalang.com

Subscribe to receive free email updates: