Citizen Journalism - Muda, Beda dan Berbudaya -

Cara Derek Sendiri Mobil Sedan Vios yang Mogok


Lobang besi pengait tali derek yang ada di pojok kanan bawah mobil sedan vios. Besi pengait biasanya fasilitas bawaan yang disimpan di bagasi mobil vios / dok.tmudacom
TribunMuda.Com - Apabila suatu waktu mobil sedan anda mogok di jalan, jauh dari rumah, panduan cara derek mobil sedan vios / limo manual ini patut diperhatikan untuk membantu masalah anda.

Pertama tama, jika mobil sedan vios atau limo anda tiba-tiba mogok berhenti di jalan maka upayakan kendaraan sedan anda ditepikan di pinggir jalan agar tidak mengganggu lalu lintas jalan umum. Netralkan gigi mobil dan giring pelan-pelan mobil ke pinggir jalan.

Kedua, pastikan anda menghubungi orang yang paham masalah kendaraan / orang bengkel dan atau mobil terpaksa harus di derek ke bengkel langganan anda, maka harus ada satu kendaraan yang akan menarik / derek mobil ke bengkel tujuan. Jangan lupa minta dibawakan tali penarik yang kuat.

Ketiga, mobil vios limo yang mogok harus di pasang dulu besi pengait yang biasanya fasilitas bawaan yang disimpan di balik plat bagasi mobil vios. Bukalah lobang kecil (5cm an) yang ada di pojok depan bawah (sebelah kanan) mobil vios, dimana terdapat lobang tempat besi penderek dipasang dengan cara memutar seperti baut.  Cara buka lobangnya cukup ditarik atau dicongkel pelan pakai obeng.


Pasang tali derek pada besi pengait yang sudah terpasan di bagian depan mobil sedan vios / dok.trimuda.com 
Pasanglah besi pengait dilubang tersebut dengan cara diputar hingga masuk kencang. Lalu pasang tali derek yang kuat untuk menarik mobil anda.

Keempat, parkir mobil penderek (misalnya avanza) di depan mobil mogok dan pasang tali derek dalam jarak aman, sekitar 3 meter. Mobil sudah siap di derek. Pastikan ikatan tali mendereknya kuat agar tidak terlepas.

Kelima, mobil yang diderek harus dikemudikan dengan hati-hati, matikan mesin mobil yang diderek, nyalakan lampu darurat, posisi gigi netral. Pelan-pelan mengikuti tarikan mobil di depan dan tetap konsentrasi jaga jarak aman agar tidak ada benturan. Apabila mobil di depan melambat atau berhenti, rem pelan-pelan dan cermati jarak antara mobil.

Akan lebih baik kalau derek mobil sendiri dilakukan pada malam hari saat jalan agak sepi dan dilakukan paling tidak tiga orang. Satu orang mmbantu navigator. **

Subscribe to receive free email updates: