Citizen Journalism - Muda, Beda dan Berbudaya -

Siap Hadapi New Normal, Peserta KKN UM Bagikan 1.000 Masker Ke Masyarakat Desa

KKN Mahasiswa UM / nlp
Penulis:
Nurul Laili Puspitaningrum / UM
Pengirim Naskah:
Moh. Nurron Kholifatul / UM

Tribunmuda, Jatim - Kuliah Kerja Nyata oleh Universitas Negeri Malang tetap dilaksanakan di tengah pandemi Covid-19. Pelaksanaan KKN ini jauh berbeda dibandingkan dengan KKN pada umumnya. Jika biasanya KKN digelar dengan menerjunkan mahasiswa ke desa secara langsung, pada tahun ini KKN oleh UM dilaksanakan dengan mengikuti protokol kesehatan demi mencegah penyebaran Covid-19.

Kondisi seperti ini tidak menyurutkan semangat mahasiswa yang mengikuti KKN untuk tetap mengabdi di desa tujuan, seperti halnya mahasiswa KKN di Desa Karanggayam.

Salah satu program kerja unggulan mahasiswa KKN Desa Karanggayam adalah pembagian 1000 masker, kegiatan pembagian masker ini bertujuan untuk mencegah penularan virus corona di masyarakat dan juga sesuai dengan protokol kesehatan yang ditetapkan pemerintah.

Pembagian 1000 masker oleh mahasiswa ini juga bertujuan untuk menyiapkan masyarakat dalam menghadapi new normal era yang mulai diterapkan di berbagai daerah, tak terkecuali di Blitar.

Selasa (16/6/20). Pembagian 1000 masker ini dilaksanakan secara bertahap dan dibagikan di beberapa tempat yang berbeda. Tahap pertama pembagian masker dilaksanakan di lampu merah dekat desa, karena di titik tersebut masih banyak warga yang tidak menggunakan masker saat berkendara. Pembagian masker dilakukan oleh 6 mahasiswa anggota KKN Desa Karanggayam yang disebar di tiga titik lampu merah.

Protokol kesehatan selalu diterapkan oleh mahasiswa KKN yang sedang melakukan kegiatan, seperti halnya dalam kegiatan pembagian masker ini, mahasiswa yang turun ke lapangan dibatasi jumlahnya. Hal ini dilakukan demi menjamin keamanan dan kenyamanan mahasiswa maupun warga di tengah situasi pandemi Covid-19 yang mengkhawatirkan. Warga yang mendapat masker juga memberikan respon positif, salah satunya adalah memberikan kata penyemangat untuk mahasiswa yang sedang bertugas. Kegiatan pembagian masker pada tahap pertama ini berjalan dengan baik.

Pada Kamis (18/6/20), pembagian masker tahap kedua dilakukan di kantor desa setempat dengan penyerahan kepada perangkat desa. Setelah itu perangkat desa akan membagikan ke warga masyarakat setempat. Pembagian masker tahap kedua ini dilakukan secara simbolik karena mahasiswa tidak boleh terjun langsung secara door to door ke rumah warga. Hal tersebut dikarenakan situasi pandemi Covid-19 yang masih mengkhawatirkan sehingga protokol kesehatan ketat harus selalu selalu diterapkan. Kegiatan pembagian masker ini berjalan dengan baik dan mendapat respon yang positif.

Pada Sabtu (20/6/20), pembagian masker tahap ketiga dilakukan di ketiga SD dan SDI yang ada di desa Karanggayam. Adanya new normal ini diharapkan pembagian masker yang diberikan kepada pihak sekolah bisa membantu siswa/i untuk menghadapi pembelajaran secara laring.

Program kerja pembagian 1000 masker ini juga ditujukan pada instansi pendidikan yang ada di Desa Karanggayam, yaitu beberapa sekolah dasar. Memasuki era new normal, pendidik dan tenaga pendidik tetap melaksanakan aktivitas di sekolah, dengan tetap dibatasi jam kerjanya. Mahasiswa KKN memiliki inisiatif untuk ikut mendukung terlaksanakannya protokol kesehatan di lingkungan sekolah dasar, yaitu dengan memberikan sejumlah masker sebagai alat pelindung diri. Pendidik dan tenaga pendidik sekolah dasar di Desa Karanggayam juga memberikan respon positif terkait kegiatan yang dilakukan mahasiswa KKN ini.

Era new normal sudah diterapkan di beberapa daerah termasuk di Blitar. Hal tersebut menjadikan setiap warga harus sadar akan pentingnya penerapan hidup bersih dan sehat, seperti mencuci tangan dengan sabun, memakai masker saat keluar rumah, dan melakukan physical distancing. Pembagian masker yang dilakukan oleh mahasiswa KKN ini bertujuan untuk mencegah penularan Covid-19 dan mendukung penerapan new normal di tingkat lingkungan yang terkecil yaitu desa. Harapannya, warga Desa Karanggayam siap dalam menghadapi era baru dan selalu menerapkan kebiasaan hidup bersih dan sehat. **

Peserta KKN UM di Desa Karanggayam, Blitar, Jawa Timur:

Adelia Ayu Salsabila
Alfi Asmi Rosyidah
Ariza Rizki Aminsari
Berlian Neno Asa
Hanifah Maulita Rochma
Indriarti Rizkya
Isma Yuni Khoiriyah
Miftachulio Amri Sugistama
Mohamad Alfan Abdaul Musthofa
Moh. Nurron Kholifatul Ardhi
Muhammad Farris Indrajaya
Naila Ismawatil Husna
Naufal Umamah
Nurul Laili Puspitaningrum
Pipit Handayani
Ruslina
Tutik Wahyuni
Verina Ayu Anggara Putri
Yoga Thoriq Azis
Yuda Irawan
###

Subscribe to receive free email updates: