Citizen Journalism - Muda, Beda dan Berbudaya -

Mainstream Terbesar Nasional Langgar Kaidah Jurnalistik; [Salah] Beritakan Adian Sebut Ahok - Yenny Wahid Komisaris Titipan

TribunMuda - Jaringan media mainstream rank 3 besar nasional (versi Alexa) tribunnews (Tribun Network) ternyata bisa salah dalam menulis judul dan isi berita. Tribun Akhirnya melakukan klarifikasi, secara jujur mengakui kesalahannya dalam menulis judul dan berita yang menggiring pembaca pada persepsi yang tidak sesuai realitas.

Adian Napitupulu Anggota DPR RI dari Fraksi PDI Perjuangan menjadi korban kesalahan berita Tribun. Hal ini cukup ironis mengingat tribunnews network merupakan media raksasa peringkat 43 global (alexa) dengan sistem editing redaksional yang ketat. Namun media adalah juga bikinan manusia yang tidak luput dari kesalahan teknis.

Berikut ini klarifikasi lengkap tribunnews yang diupload pada sabtu, 25/7/2020 :

(Sumber: https://manado.tribunnews.com/2020/07/25/adian-napitupulu-tak-pernah-sebut-ahok-dan-yenny-wahid-komisaris-bumn-titipan)

"Terkait pemberitaan yang mengutip bahwa anggota DPR RI Adian Napitupulu menyebutkan nama Basuki Tjahaya Purnama (Ahok) dan Yenny Wahid sebagai komisaris titipan, Redaksi dengan ini menyatakan bahwa hal tersebut tidak benar adanya.

Atas pemberitaan tersebut, redaksi menyampaikan permohonan maaf kepada saudara Adian Napitupulu, Basuki Tjahaja Purnama (Ahok) dan Yenny Wahid selaku pihak yang dirugikan terkait pemberitaan tersebut.

Intinya kesalahan terletak pada penulisan berita yang tidak memenuhi kaidah jurnalistik dan atas kesalahan tersebut maka kami akan memberikan sanksi secara internal terhadap penulis berita.

Kami juga akan meluruskan pemberitaan yang mengutip kesalahan dalam berita tersebut di seluruh jaringan Tribun network.

Kami sampaikan bahwa Redaksi yang menerima keberatan Adian dalam kesempatan pertama telah melakukan koreksi terhadap berita dimaksud baik termasuk menyesuaikan judul agar lebih presisi dengan pernyataan Adian diikuti dengan permintaan maaf." **

Subscribe to receive free email updates: