Citizen Journalism - Muda, Beda dan Berbudaya -

Presiden Jokowi Beri Sinyal Reshuffle Menteri Berkinerja Buruk

© Presiden Jokowi
TribunMuda - Kabar reshuffle Kabinet yang sempat muncul beberapa waktu lalu kini mulai kelihatan titik terangnya. Presiden Jokowi langsung menyampaikan adanya kemungkinan hal tersebut dilakukan dalam waktu dekat.

"Bisa saja membubarkan lembaga, bisa saja reshuffle, sudah kepikiran kemana-mana saya. Entah buat Perpu yang lebih penting lagi, kalau memang diperlukan," kata Jokowi dalam sebuah video yang diunggah melalui kanal Youtube sekretariat Presiden, Minggu (28/6).

"Saya harus ngomong apa adanya, tidak ada progres yang signifikan, tidak ada," imbuhnya.

Apa yang disampaikan Presiden Jokowi menjadi sinyal kuat akan adanya perubahan komposisi Kabinet yang juga sebelumnya sudah berhembus kencang di media.

Beberapa sektor yang di bawah Kementrian tertentu memang dinilai gagal dalam mewujudkan harapan masyarakat dan target yang diminta Presiden. Beberapa Lembaga baru yang setingkat Menteri seperti BPIP tidak hanya lemah dalam kinerja namun justru menimbulkan kontroversi publik yang merugikan citra Presiden. 

"Kalau mau minta Perpu lagi saya buatkan Perpu, kalau yang sudah ada belum cukup, asal untuk rakyat, asal untuk negara, saya pertaruhkan reputasi politik saya," tegas Presiden.

Rendahnya kinerja mayoritas Menteri menjadi alasan tepat bagi Presiden untuk segera melakukan reshuffle kabinet. Diharapkan Presiden dapat mengakomodir kaum muda yang visioner dan profesional. **

Subscribe to receive free email updates: