Citizen Journalism - Muda, Beda dan Berbudaya -

MedSos Kian 'Brutal': Editan Cover Majalah Tempo Jadi Konten Hoax Membully Menko LBP

TempoCo klarifikasi Hoax editan anonim / tempodotco
TribunMuda - Polemik media sosial makin panas di tengah perjuangan menghadapi serangan virus corona. Berawal dari kritik pedas tokoh medsos Muh Said Didu dan Ekonom Faisal Basri pada dominasi peran Menko Luhur Binsar Panjaitan dalam pemerintahan Presiden Jokowi. Dalam pandangan mereka dominasi ini di luar kewajaran.

Serbuan akun akun pembuli maupun pembela berseliweran membuat dunia sosmed terutama twitter makin gaduh. Apalagi sejak Jubir Menko mengancam akan membawa masalah dengan Said Didu ke ranah hukum. Gelombang pembelaan pada Didu berdatangan mulai dari akun anonim hingga tokoh nasional.

Diikuti pula beredarnya meme (poster digital) yang diedit dari cover majalah Tempo, yang terkesan menyindir Menko LBP dengan cara yang kurang patut: Presiden memandang bayangan wajah LBP yang muncul dari drum minyak.

Tempo langsung mengklarifikasi melalui akun @tempodotco pada 04/4/2020:

"Tweeps, sedang beredar hoax di medsos yang menyebut majalah Tempo edisi 1-7 April 2020 mengangkat cover story 'Dalam Bayang-Bayang Luhut'." Tulisnya

'Padahal gambar cover itu hoax dan dimanipulasi dari laporan utama berjudul "Dalam Bayang-Bayang Paloh" yang dimuat di edisi November 2014.
Dalam laporan utama Tempo ketika itu, kami mengungkap lobi Surya Paloh yang memperkenalkan pengusaha asal Cina bernama Sam Pa kepada Presiden Joko Widodo. Sam Pa mewakili perusahaan minyak asal Angola, China Sonangol, yang juga mitra bisnis Surya Paloh."

Dasar medsos, bukanya memberi simpati, para netizen anonim justru makin membully.

"Jauh lebih keren yang hoax dibanding aslinya 🤣😛" tulis @AngrySipelebegu. **

Subscribe to receive free email updates: