Citizen Journalism - Muda, Beda dan Berbudaya -

Zona Merah Corona Jatim Bertambah Luas, Dr. Tantri - GMNI MalangRaya Terjun Bantu Masyarakat

GMNI Maraya - Dr. Tantri peduli warga / jm.dok


TribunMuda - Penyebaran Corona virus di tanah air makin ganas, termasuk beberapa daerah di Jatim yang telah dinyatakan sebagai zona merah covid-19. Akademisi, aktifis perempuan yang juga anggota DPRD Kabupaten Malang, Tantri Bararoh, mengajak semua elemen masyarakat untuk kerja keras, bersama-sama mengantisipasi penyebaran virus corona atau covid-19.

Kolaborasi bersama kader Gerakan Mahasiswa Nasional Indonesia (GMNI) Malang Raya, secara khusus, ia mengimbau kepada masyarakat Kabupaten Malang untuk tetap waspada dan selalu menerapkan pola hidup sehat.

"Malang sudah masuk dalam zona merah, jadi untuk itu kita ajak masyarakat bersama-sama mencegah dan memutus rantai penyebaran virus corona dimulai dari diri kita sendiri dengan menjaga kebersihan diri, cuci tangan pakai sabun," papar Tantri Bararoh.

Selain mengimbau menjaga kebersihan, Bendahara DPC PDI Perjuangan Kabupaten Malang itu juga turut membagikan 500 hand sanitizer dan 5 dus sarung tangan kepada masyarakat Kabupaten Malang khususnya bagi pedagang pasar yang ada di Desa Bringin, Kecamatan Wajak, Kabupaten Malang, Kamis (26/03/2020).

Tak hanya itu, ia juga turut membagikan hand sanitizer dan sarung tangan ke perangkat Desa Bringin.

"Hari ini kita pilih pasar, karena pasar pusat keramaian, kita harus antisipasi dari sekarang karena penyebaran covid 19 sangat cepat sekali. Tadi juga kita keliling ke warung-warung serta ke perangkat desa. Kita tanamkan nilai-nilai kebersihan dan kepedulian dimulai dari lingkungan sekitar kita dulu," papar perempuan yang akrab disapa Tantri itu.
Sembari membagikan hand sanitizer dan sarung tangan, Tantri juga turut memberikan sosialisasi kepada masyarakat akan pencegahan dan bahayanya virus corona. Ia juga turut mempraktekkan cara menggunakan hand sanitizer yang benar.

Ia juga meminta kepada masyarakat untuk mengikuti kebijakan yang dikeluarkan  pemerintah pusat maupun daerah untuk mencegah penyebaran covid-19.

"Tadi juga kita berikan sosialisasi pencegahan penyebaran virus corona, seperti jaga jarak, cara mencuci tangan yang benar, menjaga kebersihan dan tetap menjaga kesehatan maupun imun tubuh," katanya.

Usai pembagian hand sanitizer dan sarung tangan gratis, Tantri berencana menggelar penyemprotan desinfektan di Kabupaten Malang terutama pada dapilnya.

"Tentunya tidak hanya hari ini saja, akan kita jangkau ke tempat-tempat yang belum mendapat perhatian agar bantuan ini bisa merata kepada masyarakat, kita juga akan melakukan penyemprotan di desa-desa, pasar, pondok pesantren, tempat ibadah dan pusat keramaian lainnya, kita sedang menunggu bahan dan peralatannya," ujar Tantri Bararoh.

Sementara, Ketua Cabang GMNI Malang Raya, Azis Sudrajat, sangat mendukung kegiatan aksi sosial yang dilakukan Tantri Bararoh.

Menurutnya, aksi sosial hari ini merupakan salah satu bentuk upaya tindakan preventif mencegah penyebaran virus corona.

"Kami sangat mendukung kegiatan ini, terimakasih sebelumnya kepada Ibu Tantri Bararoh atas inisiatif beliau mengajak kami kolaborasi aksi sosial," ujar pria yang akrab disapa Azis itu.

Azis berharap dengan adanya sosialisasi dan aksi sosial ini bisa memotivasi masyarakat untuk menjalani kebiasan hidup sehat setiap hari.

"Semoga dengan adanya gerakan ini kita semua bisa saling peduli untuk dan terus memotivasi warga bergerak menjaga pola hidup sehat," katanya. *Ed02

Subscribe to receive free email updates: