Citizen Journalism - Muda, Beda dan Berbudaya -

Bupati Malang Rendra Kresna Apresiasi Program MTani Malang

Bupati Malang Rendra Kresna / foto: malangkab.go.id
MimbarDesa - Program MTani yang digagas Jenderal TNI (Purn) DR. Moeldoko mulai gencar disosialisasikan di Malang Raya. Salah satunya adalah perluasan areal penanaman padi M400 yang merupakan jenis padi unggul serta kemitraan dengan petani dalam rangka meningkatkan kesejahteraan petani Indonesia dan khususnya di kabupaten Malang.

Hal tersebut menjadi bahan pembicaraan antara Bupati Malang H. Rendra Kresna dengan Drs. Peni Suparto, MAP mewakili MTani Malang, pada minggu lalu (04/11/2017). Bertempat di Pendopo Kabupaten kedua tokoh Malang Raya ini menjajaki sejumlah sinergi program pertanian antara MTani dengan Pemerintah Kabupaten Malang.

Salah satunya adalah perluasan kawasan tanan Padi M400 di kabupaten Malang yang memiliki lahan tani terluas di Malang Raya. Pak Peni menjelaskan tentang program M400 dan kaitannya dengan usaha meningkatkan kesejahteraan petani. Bahwa M400 telah berhasil melakukan panen perdana di Kepanjen dengan hasil yang memuaskan.

"Petani yang memiliki visi jangka panjang pasti tertarik dengan program ini. Kami siap bekerjasama, siap membantu. Karena ini mendukung kesejahteraan petani." Ujar Bupati Rendra Kresna. Sebagai bentuk keseriusannya menjajaki kerjasama strategis tersebut Bupati mengirim Kadis Ketahanan Pangan dalam acara petik panen M400 dan Rembug Tani yang digagas MTani Malang (05/11).

Keunggulan padi M400 adalah pada hasil panen yang lebih banyak, tahan anomali cuaca dan sebagian besar menggunakan pupuk organik. Perbaikan tanah dari intervensi kimiawi akan terjadi secara berkelanjutan. Sementara MTani tidak hanya menyiapkan bibit, tetapi juga modal, penyuluhan dan siap membeli hasil panen dengan harga di atas harga pasar. (lig).

Subscribe to receive free email updates: