Citizen Journalism - Muda, Beda dan Berbudaya -

Pesantren Luhur Dukung Jenderal TNI Purn. Moeldoko Wujudkan Ketahanan Pangan Nasional

Dok.Pesantren Luhur Sumbersari kota Malang
TribunMuda - Berkunjung ke Pesantren Mahasiswa Luhur Kota Malang (28/9/17), mantan Panglima TNI Jenderal (Purn) Dr. H. Moeldoko SIP memberikan motivasi kepada santri agar menjadi bagian penting dalam membangun bangsa dan menjaga NKRI. Di hadapan ratusan santri yang kuliah di berbagai perguruan tinggi di kota Malang tersebut pak Moeldoko juga memaparkan betapa pentingnya mendukung kesejahteraan masyarakat terutama di sektor pertanian. 

Acara yang dipandu Gus Amik tersebut berlangsung penuh keakraban. "Saya juga pernah lama menjadi santri, belajar di sebuah langgar yang sederhana. Meskipun di masa itu sederhana dan fasilitasnya tidak seperti sekarang, tapi tetap semangat." Ujar Jenderal Moeldoko yang disambut aplus mahasiswa. Sebagai orang yang pernah belajar agama dan ilmu pengetahuan di lingkungan yang sarat nuansa pesantrennya Pak Moeldoko senang bertemu dengan para santri yang memiliki semangat belajar tinggi.

Pak Moeldoko memberikan motivasi pada Santri Pesantren Luhur
Pada sessi dialog beberapa perwakilan santri mahasiswa pasca sarjana jurusan pertanian mengajukan berbagai pertanyaan kepada Ketua Umum DPP HKTI tersebut. "Bagaimana strategi membangun kesejahteraan petani di saat iklim kompetisi yang semakin ketat di semua sektor seperti saat ini?" tanya seorang santri yang kuliah S2 Pertanian di Universitas Brawijaya Malang.

Dijawab pak Moeldoko, bahwa langkah yang harus dilakukan adalah mengatasi beberapa persoalan utama yang dihadapi petani kita saat ini. "Teknologi, permodalan, peningkatan manajemen dan nilai tawar petani terhadap pasar harus diperjuangkan." Selain itu, akses pemasaran hasil pertanian dengan nilai yang layak harus diperhatikan agar petani bisa sejahtera.

Sebagai langkah kongkrit, Pak Moeldoko telah menggerakkan riset para ahli yang berhasil memproduksi padi bibit unggul yang memiliki masa panen lebih cepat, tahan hama dan anomali cuaca serta memiliki bulir padi yang lebih banyak. Varietas yang sudah dikembangkan pak Moeldoko adalah padi M70D dan M400. Hasil panen bibit padi tersebut yang telah dilakukan di sejumlah daerah menghasilkan produksi panen yang lebih banyak dari umumnya varietas lain.

Acara silaturrahim dan dialog interaktif ditutup dengan doa yang dipandu KH. Chamzawi, Rois Syuriah PC NU Kota Malang. Selanjutnya Jenderal Moeldoko menandatangani prasasti peresmian Perpustakaan dan Pusat Riset Lembaga Tinggi Pesantren Luhur yang disaksikan Pengasuh Pesantren, Gus M. Danial Farafish dan Mantan Walikota Malang 2 Periode Drs. Peni Suparto, MAP. 

"Gagasan dan program Jenderal Moeldoko dalam upaya mencapai ketahanan pangan nasional sangat bagus. Insya Allah, kita selalu mendukung dan mendoakan beliau, agar cita-cita dan programnya untuk masyarakat berhasil seperti yang diharapkan." Ujar Gus Danial Farafish yang merupakan Pengasuh Pesantren yang terletak di jantung kota Malang tersebut. (lig).

Subscribe to receive free email updates: