Citizen Journalism - Muda, Beda dan Berbudaya -

Perkuat Peran Publik, POLRI Kawal Penggunaan Dana Desa

Kapolri Jenderal Pol. Tito Karnavian / Foto Div.HumasPOLRI / Fb
MimbarDesa - Dalam memaksimalkan fungsi pengawasannya POLRI melalui Bhayangkara Pembina Keamanan dan Ketertiban Masyarakat (Bhabinkamtibmas) akan turut mengawal penggunaan dana desa yang transparan, tepat sasaran serta sesuai aturan yang berlaku.

Di daerah tugas masing - masing Bhabinkamtibmas akan berperan aktif dalam menjalin partisipasi masyarakat untuk ambil bagian dalam pengawasan penggunaan dana desa. Selain itu Bhabinkamtibmas juga akan rutin berkoordinasi dengan Polsek dan Polres setempat dalam konteks perluasan partisipasi publik mengawal dana desa.

"Ini akan dikoordinir oleh Kepala Korps Binmas dan Wakilnya Kepala Divisi Profesi dan Pengamannan Polri. DI tingkat Polda oleh Dirbinmas dengan Kabid Propam. Di Polres juga," Ujar Kapolri Jenderal Pol Tito Karnavian di Mabes Polri, Jakarta, jumat lalu (20/10/2017) sebagaimana dikutip dari portal kompas.com

Fungsi pengawasan yang dilakukan Polri untuk memastikan program yang direncanakan dapat terealisasi sesuai target dan untuk memastikan tidak ada penyalahgunaan anggaran dana desa. Kapolri Tito juga menyampaikan bahwa pelaksana program tidak perlu khawatir menggunakan dana desa sepanjang sudah sesuai dengan program dan aturan yang ada.

"Ada juga ketidaktahuannya. Tidak tahu administrasi negara, tidak berpengalaman. Mungkin kuitansi hilang. Disitu peran kepolisian agar mereka dapat pendidikan dasar laporan perencanaan dan laporan keuangan." Jelas Tito. Lanjutnya, bahwa Bhabinkamtibmas juga ditugaskan untuk berembuk dengan masyarakat mengenai bentuk program apa yang sesuai dengan kondisi desa dan bisa membangkitkan ekonomi desa.

Himbauan tegas disampaikan Kapolri, bahwa jajaran kepolisian di bawah agar tidak main-main dalam tugasnya sebagai pendamping dan pengawasan penggunaan dana desa. Tito memastikan ada hukuman berat yang akan diberikan kepada anggota yang ikut menyelewengkan dana desa.

Sebaliknya anggota yang berprestasi di dalam tugas pengawasan ini akan diberikan penghargaan. Kapolri berharap agar anggota berlomba - lomba menjadi yang terbaik di dalam menjalankan fungsi pengawasan ini. (red1).

Subscribe to receive free email updates: