Citizen Journalism - Muda, Beda dan Berbudaya -

Padi Varietas Unggul M70D : Tahan Anomali Cuaca dan Bisa Panen Empat Kali Setahun

Rutin terjun langsung di sawah / Foto @GeneralMoeldoko
MNews - Padi merupakan komoditas pertanian utama di Indonesia. Persoalannya, komoditas ini belum bisa mencukupi kebutuhan dalam negeri sehingga impor beras masih terjadi. Ada sejumlah problem yang dihadapi petani kita.

Mulai dari masalah teknologi pertanian, manajemen, hama dan cuaca ekstrim hingga persoalan harga; petani masih berada pada kondisi yang sulit untuk sejahtera. Ini bertolak belakang dengan riwayat petani kita di masa lampau yang mampu membangun lumbung-lumbung padi, surplus beras sehingga dikenal sebagai bangsa Nusantara yang Gemah Ripah loh Jinawi.

Pak Moeldoko sosialisasi padi varietas unggul di Situbondo / MNews
Dari pertimbangan di atas maka Jenderal TNI (Purn) Moeldoko menggagas riset ilmiah yang melibatkan beberapa ahli pertanian, yang akhirnya menghasilkan produk-produk unggulan yang antara lain adalah Varietas Padi M70D.

Bibit Padi M70D dimulai dari masa tanam hingga panen hanya memakan waktu 70 hari di lahan yang aliran airnya bagus. Jadi padi ini bisa dipanen 4 kali dalam satu tahun. Sekali panen menghasilkan sekitar 7 ton per hektar. Selain kuat menghadapi serangan hama, padi ini juga sangat tahan terhadap anomali cuaca seperti angin kencang, banjir.

Jika varietas M70D ini semakin membumi di masyarakat maka panen akan sangat melimpah dan petani akan lebih terjamin kesejahteraannya. Selain itu ketahanan pangan akan terwujud.

Pak Moeldoko sudah berkeliling di berbagai pelosok Indonesia untuk menyosialisasikan varietas unggulan ini. Tujuan akhirnya adalah bagaimana mewujudkan kedaulatan pangan, petani sejahtera dan mengembalikan Kejayaan Nusantara yang Gemah Ripah Loh Jinawi, Toto Tentrem lan Kerto Raharja. (lam).

Subscribe to receive free email updates: