Citizen Journalism - Muda, Beda dan Berbudaya -

Padi M400 Tumbuh Subur di Kabupaten Malang

Padi M400 di Kepanjen Malang / MD
MimbarDesa - Padi jenis M400 telah ditanam di Bumi Arema dan tumbuh subur di lahan yang terletak di perbatasan Pakisaji - Kepanjen tersebut. Bibit hasil inovasi pakar ahli pertanian yang dibawah binaan Jenderal TNI Purn. Moeldoko ini sebelumnya telah panen di berbagai daerah di Indonesia, dengan hasil panen yang memuaskan.

Dari pantauan Mimbar Desa, padi M400 yang ditanam di kawasan Kepanjen Malang ini tumbuh lebih lebat, batang padinya lebih besar dan bulir/biji-biji padinya terlihat lebih padat. Berbeda dengan jenis padi lainnya di dekatnya yang tumbuh lebih pendek dan dipenuhi tumbuhan liar.

"Di sebelah kanan saya ini padi jenis biasa, sementara di sebelah kiri padi M400. Kita bisa melihat sendiri perbedaannya." jelas Drs. Peni Suparto, MAP sembari menunjukkan keunggulan varietas padi M400 yang ditanam di sawahnya. Mantan Walikota Malang 2 Periode ini tertarik menanam padi M400 karena selain menguntungkan dari segi hasil panen juga karena tahan hama maupun anomali cuaca.

Dengan hasil tanam yang ditunjukkan di lahan pak Peni, maka banyak Petani di kabupaten Malang mulai melirik M400. Diharapkan padi unggul ini akan memasyarakat di wilayah Malang Raya. (red1).

Subscribe to receive free email updates: