Citizen Journalism - Muda, Beda dan Berbudaya -

Kontingen Garuda dan Sebuah Pengalaman di Irak

SumberFoto : fanpage Jenderal TNI (Purn) Dr. Moeldoko SIP
TribunMuda - Pengalaman pak Moeldoko saat bertugas di Irak duapuluh lima tahun yang lalu, diceritakan kembali oleh Mega Simarmata seorang wartawan senior yang sudah puluhan tahun meliput di Mabes TNI. Mega menulis kisah heroik nan lucu ini melalui situs pribadinya KataKami.

Sekitar 25 tahun silam, pak Moeldoko bersama prajurit TNI lainnya berangkat sebagai Kontingen Garuda menuju Irak untuk bergabung dengan Pasukan Perdamaian Internasional yang terdiri dari berbagai negara yang bertugas di Irak.

Ada banyak pengalaman heroik selama bertugas sebagai TNI untuk misi perdamaian di tanah yang pernah menjadi pangkalan utama ISIS tersebut. Namun ada satu kisah lucu yang pernah dialami di sana.

Seluruh kontingen yang tergabung dalam misi perdamaian di Irak bergiliran untuk menyajikan jamuan makan bagi sesama anggota penjaga perdamaian dari negara - negara lainnya.

Tibalah saatnya giliran anggota kontingen Garuda untuk membuat jamuan makan bagi semua anggota kontingen. Setelah berpikir keras akhirnya ditemukan ide menu yang khas dan dijamin tak kalah dengan sajian kotingen lainnya.

Menu yang dibuat prajurit - prajurit TNI sudah disajikan dan siap untuk disantap. Pada saat kontingen dari negara lain mendatangi tenda kontingen Garuda, semua terkejut dan langsung tertawa.

Yang disajikan bukan nasi goreng, rawon atau pecel; melainkan HANYA Nasi dan Kentang Goreng!

Meski demikian mereka semua berada dalam suasana perjamuan yang hangat, akrab dan menikmatinya.

Pengalaman  selama bertugas di Irak selalu dikenang oleh Jenderal TNI Purn. Moeldoko; termasuk pengalaman menjamu kontingen negara-negara lain dengan "menu perjuangan" Nasi Kentang Goreng. (editor-lam). 

Subscribe to receive free email updates: