Citizen Journalism - Muda, Beda dan Berbudaya -

Ketua Umum HKTI Ungkap Lima Problem Krusial yang Dihadapi Petani Indonesia

Pak Moeldoko di Jember Jawa Timur / MNews
MNews - Sebagai pekerjaan mayoritas penduduk, petani menjadi salah satu tulangpunggung bangsa Indonesia. Berhasil atau tidaknya impian kita tentang ketahanan pangan terletak kepada kekuatan petani. Akan tetapi, petani menghadapi sejumlah masalah besar yang berpotensi menurunkan produktifitas panennya.

Pada acara dialog dengan petani di Pontang Ambulu, Jember Jawa Timur beberapa waktu lalu (27/9/2017) Mantan Panglima TNI yang saat ini menjadi Ketua Umum DPP HKTI Jenderal (Purn) Moeldoko memaparkan lima persoalan besar yang dihadapi petani Indonesia.

"Pertama, kondisi tanah yang sudah terkontaminasi penggunaan pupuk kimia dan pestisida yang berlebihan. Ini terjadi di semua daerah." Ungkapnya.

Persoalan kedua adalah petani kesulitan mendapatkan akses permodalan. Akibatnya petani terjerat tengkulak dengan sistem ijon. Moeldoko menjelaskan bahwa, "Petani tidak memiliki kuasa untuk mennetukan harga, mereka tidak memiliki nilai tawar sehingga harga dimainkan oleh para tengkulak."

Lanjutnya, masalah ketiga adalah, masih banyaknya petani yang konservatif, fanatik dengan teknologi lama sehingga sulit menerima yang terbaru. Sementara zaman semakin berkembang pesat dan inovasi semua sektor terjadi begitu cepat.

Keempat adalah, lemahnya manajemen petani, mulai dari perencanaan, modal hingga perhitungan ongkos tenaga kerja. Seringkali petani tidak menghitung detail pengeluaran sehingga berapa jumlah pasti penghasilan petani tidak terinci dengan akurat.

Kelima, tindakan pasca panen yang belum maksimal. Hal ini sangat berkaitan dengan berapa hasil yang dicapai petani, termasuk keikutsertaan petani dalam mengatur harga hasil panen. "Akan kami kawal terus agar petani kita berdaya sehingga pada akhirnya nanti petani kita lebih sejahtera." tutupnya. 

Jika kelima problem yang dihadapi petani di atas dapat ditangani maka harapan untuk mencapai ketahanan pangan nasional pasti akan terwujud. (med/lam).

Subscribe to receive free email updates: