Citizen Journalism - Muda, Beda dan Berbudaya -

Gunungsari Desa Seribu Mawar

Lahan mawar di satu sisi Gunungsari Batu / MD
Mimbar Desa - Desa Gunungsari, Kecamatan Bumiaji Kota Batu Jawa Timur, berbatasan langsung dengan Desa Sidomulyo. Keduanya merupakan sama-sama desa penghasil bunga yang terbesar di Malang bahkan Jawa Timur.

Gunungsari bisa disebut sebagai desa yang sangat 'romantis'. Betapa tidak, desa ujung yang terletak di kaki gunung ini penghasil mawar potong, salah satu yang terbesar di Indonesia. Ada ratusan ribu kuntum Mawar yang diproduksi setiap harinya, dengan pasar yang menjangkau berbagai kota besar hingga ke luar pulau. 

Pada momen-momen tertentu, seperti pada hari Valentine atau musim wisuda, kuntum mawar dari Gunungsari melanglang buana hingga jauh di pelosok negeri. Kuntum mawar dari desa ini sudah dikenal luas.

Semua halaman dan teras rumah penduduk penuh bunga aneka warna dan jenis. Tumbuh subur dan terawat. Terdapat kebun-kebun mawar yang luas dan tiada hentinya menghasilkan kuntum mawar yang segar dan siap di pasarkan. Para petani bunga mampu hidup layak dari budidaya dan produksi jenis kembang yang paling dicari kaum metropolis ini.

Di sepanjang ruas jalan, di dalam gang-gang dan lorong rumah penduduk, selalu ada bunga. Tidak hanya mawar untuk diambil kuntumnya, namun juga bunga tanam (dari bibit hingga yang sudah tumbuh besar) tersedia dalam puluhan bahkan ratusan jenis dan warna. Para pembeli bebas memilih, baik untuk keperluan ditanam di halaman rumah pribadi maupun untuk dijual lagi.

Di beberapa rumah, penduduknya memproduksi pot bunga berbagai ukuran. Lalu lalang kendaraan pengangkut bunga potong menunjukkan betapa besar potensi bunga di desa ini. Maka sangat layak desa Gunungsari ini menjadi desa wisata bunga, dimana para pelajar dan mahasiswa atau masyarakat umum datang untuk belajar tentang menanam dan merawat bunga serta bagaimana sistem bisnis bunga yang bisa diterapkan di luar desa.

Dari kenyataan di atas maka tidak berlebihan apabila desa ini patut disebut sebagai desa sejuta mawar kuntum, desa yang romantis sebagaimana umumnya desa penghasil bunga lainnya di kota yang tenar dengan julukan Paris van Java ini. (bn1/lam).

Subscribe to receive free email updates: