Citizen Journalism - Muda, Beda dan Berbudaya -

Berbagi Wawasan di Pesantren Ngalah: Pererat Relasi Kemanusiaan

Foto @GeneralMoeldoko
TribunMuda - Tema toleransi dan menjaga kerukunan antar umat menjadi salah satu materi yang disampaikan Jenderal TNI Purn. Dr. Moeldoko SIP saat menyampaikan kuliah umum di hadapan ribuan mahasiswa Universitas Yudharta, Kompleks Pesantren Ngalah Pasuruan Jawa Timur (2/10/17).

"Kumpulnya berbagai keyakinan di sini bukan ingin menyamakan agama, tapi membangun human relation, membangun kemanusiaan." ujar Jenderal Moeldoko sebagaimana ditulis detiknews. Menurutnya, pluralitas bangsa Indonesia merupakan sebuah kekuatan yang harus dijaga, salah satunya dengan mengedepankan toleransi.

Pesantren Ngalah Pasuruan merupakan pesantren yang getol mengampanyekan pentingnya menjaga dan merawat kerukunan bangsa kita yang multi kultural dan kaya akan perbedaan. Kehadiran Ketua Umum DPP HKTI yang pernah menjadi Panglima TNI di Aula Pancasila kompleks pondok Ngalah tersebut merupakan bagian dari komitmen merajut kebersamaan menjaga sikap toleransi dan tenggangrasa antar anak bangsa. Pada forum tersebut juga dihadiri tokoh lintas agama.

KH. Sholeh Bahruddin menjelaskan pihaknya menghadirkan Moeldoko dalam rangka berbagi pengetahuan kepada santri dan mahasiswanya. "Bapak Jenderal Moeldoko tidak ada maksud lain. Biar ilmu pengetahuan beliau nanti bisa ditanamkan pada santri dan mahasiswa. Biar menciptakan dan bisa mewujudkan, seperti beliau, rahmatan lil alamin." ujar Kiai Sholeh kepada media. (lam).

Subscribe to receive free email updates: