Citizen Journalism - Muda, Beda dan Berbudaya -

Ajak Mahasiswa Tingkatkan Riset dan Ciptakan Teknologi Pangan

Meninjau Pameran Karya Mahasiswa Poltekom / MNews
TribunMuda - Kampus sebagai gudangnya pengetahuan penting untuk meningkatkan penelitian di berbagai sektor keilmuan, termasuk teknologi pertanian. Hal ini disampaikan Jenderal TNI Purn. Dr. Moeldoko saat menyampaikan orasi ilmiah di hadapan civitas akademika Politkenik Kota Malang (Poltekom) beberapa waktu lalu (28/9).

Pak Moeldoko memaparkan tema "Membangun Sosio Teknologi Enterpreneur dan Pengembangan Produksi Manufaktur Peralatan Pertanian" di acara yang sekaligus sebagai rangkaian dari Dies Natalis Poltekom.

"Sekarang ini biaya produksi pertanian besar, mengapa? karena teknologinya yang kurang tepat." ujar Jenderal Purn. Moeldoko yang juga Ketua Umum DPP HKTI ini. Menurutnya, petani Indonesia ini sulit kaya karena penghasilan rata-rata mereka berkisar di 1,7 juta rupiah per bulan. Meskipun hasil panen besar tetapi biaya produksinya tinggi.

Yang harus dilakukan saat ini adalah menciptakan banyak inovasi di sektor teknologi pertanian. Selain itu, pak Moeldoko mendorong akademisi untuk meningkatkan riset dalam menghasilkan teknologi pertanian yang mudah dan murah.

Sementara itu Ketua Yayasan Pendidikan Kota Malang, Drs. Peni Suparto, M.AP mengatakan bangga dengan program Jenderal Moeldoko konsen pada sektor pertanian. "Program yang bagus untuk mewujudkan ketahanan pangan Indonesia. Seperti varietas padi unggulan yang berhasil dikembangkan beliau, sangat inovatif. Masa panen lebih cepat dan produksi lebih banyak." ungkap Peni Suparto yang juga mantan Walikota Malang 2 Periode ini.

Sebelum menyampaikan orasi ilmiah Jend TNI Dr. Moeldoko, SIP menyempatkan meninjau langsung pameran hasil riset dna karya mahasiswa poltekom. Tampak beberapa jenis robot canggih buah tangan mahasiswa Poltekom dipamerkan di aula utama. (lig).

Subscribe to receive free email updates: